Home / Article / Kriteria Manajer Proyek Ideal dalam Implementasi SMK3

Kriteria Manajer Proyek Ideal dalam Implementasi SMK3

Posted on

Dalam sebuah proyek, dibutuhkan seorang pimpinan yang dapat diandalkan untuk membawahi semua pekerja proyek dalam kondisi apapun. Beberapa kriteria dasar wajib dimiliki oleh seorang manajer proyek untuk menghadapi situasi yang tidak terduga di lapangan. Dalam hal ini, khususnya dalam implementasi SMK3.

Berikut adalah 7 kriteria manajer proyek yang ideal dalam implementasi SMK3 :

  • Komunikator Yang Baik

Seorang manajer proyek dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan aktif kepada seluruh pekerja yang terlibat dalam proyek. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui seluruh kondisi yang ada pada proyek yang sedang dijalankan.

  • Memiliki Integritas Tinggi

Salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh manajer proyek sebagai pemimpin adalah memberi contoh dengan tindakan, tidak hanya dengan kata – kata dan memberi instruksi. Dengan memiliki integritas yang tinggi, manajer proyek akan mendapatkan rasa hormat dari para pekerja ataupun tim yang terlibat dalam proyek tersebut. Hal ini akan memudahkan manajer proyek untuk mengontrol segala sistem yang dijalankan, termasuk sistem keselamatan dan kesehatan di lingkungan proyek.

  • Memiliki Sifat Empati

Seorang pemimpin yang baik harus memiliki sifat empati terhadap orang – orang yang bekerja dibawahnya. Dengan memiliki sifat ini, manajer proyek dapat lebih memahami segala kendala yang dihadapi oleh pekerja – pekerjanya dan mengambil tindakan untuk kebaikan bersama.

  • Jujur dan Dapat Diandalkan

Untuk menjalankan sebuah tim dalam proyek, dibutuhkan sifat jujur dan dapat diandalkan pada manajer proyek. Hal ini mutlak dibutuhkan agar proyek berjalan dengan aman dan lancar karena seluruh tim bergantung pada seorang manajer proyek.

  • Kemampuan Team-Building

Dalam menjalankan sebuah proyek, umumnya para pekerja tidak mengenal satu sama lain. Disini dibutuhkan peran manajer proyek untuk membangun sebuah tim yang dapat bekerja sama dengan baik. Manajer proyek harus mengetahui cara untuk membangun kerjasama antar pekerja yang tidak mengenal satu sama lain menjadi sebuah tim yang solid. Dengan solidnya sebuah tim, akan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sinkron.

  • Tenang Dibawah Tekanan

Ketenangan dalam menghadapi tekanan mutlak dimiliki oleh seorang pemimpin, dalam hal ini manajer proyek. Tekanan terjadi dalam berbagai macam situasi dan kondisi. Dalam keadaan darurat yang menyangkut keselamatan bekerja, seorang manajer proyek harus dapat mengambil keputusan yang baik untuk para pekerjanya. Terlebih lagi dalam situasi yang membahayakan.

  • Mampu Mengatasi Masalah

Walaupun seorang pemimpin harus dapat berbagi dalam tanggung jawab dengan tim atau para pekerjanya untuk menghadapi sebuah permasalahan, manajer proyek yang ideal juga harus mampu mengatasi masalah dalam lingkungan kerja dengan caranya sendiri. Manajer proyek dituntut untuk memiliki ide segar dan kreatif dalam berbagai situasi demi kepentingan para pekerja yang terlibat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top