Home / Article / Tips Duduk yang Benar di Depan Komputer

Tips Duduk yang Benar di Depan Komputer

Posted on

Tips duduk yang benar di depan komputer, salah satunya Anda harus mematuhi aturan 20/20/20. Tips duduk di depan komputer ini wajib diketahui para pekerja kantoran yang setiap hari bekerja lebih dari tujuh jam dengan menatap layar komputer. Why?

“Ketika menatap layar komputer dalam periode yang cukup lama, frekuensi berkedip seseorang akan menurun 10 kali lipat”

– Lisa Park, M.D, Profesor dari New York University

Penelitian lain menjelaskan bahwa karyawan yang bekerja lebih dari tujuh jam dengan menatap layar komputer ternyata memiliki tingkat MUC5AC yang paling rendah. MUC5AC adalah protein yang ditemukan pada lapisan mata yang berfungsi untuk menjaga kelembapan mata. Jika protein pada mata rendah, hal ini berarti orang tersebut mengalami mata kering.Mata kering dan tidak nyaman bisa menyebabkan kerusakan pada penglihatan seseorang. Pasalnya ketika kondisi mata sangat kering, jaringan pada permukaan mata bisa rusak dan memicu infeksi.

Tidak hanya itu, terlalu lama duduk di depan komputer dengan juga bisa menimbulkan masalah

lain, diantaranya: 

  1. Gangguan saraf pada jari
  2. Bahu nyeri
  3. Postur tubuh membungkuk
  4. Impotensi

Apa yang harus saya lakukan agar terhindar dari permasalahan di atas?

Solusinya sangat mudah, namun banyak dari Anda yang kurang memperhatikan hal sederhana berikut ini:

  1. Kursi dengan penyangga punggung dan dudukan yang bisa diatur
  2. Posisi layar monitor minimal sejajar atau sedikit di bawah garis penglihatan mata (eye level)
  3. Gunakan filter anti-glare atau geser leher monitor dari cahaya atas
  4. Jarak tempat duduk minimal satu lengan dari monitor
  5. Atur tinggi tempat duduk agar paha Anda paralel dengan lantai. Telapak kaki Anda bertumpu pada lantai atau footrest
  6. Selalu letakkan dokumen di depan Anda (sejajar dengan monitor) dan beri penerangan yang cukup
  7. Saat menggunakan keyboard, mouse/ input device, jaga lengan bawah Anda paralel dengan
  8. lantai dan sudut siku pada 90 atau 110 derajat
  9. Jaga pergelangan Anda datar dan lurus, bahu relaks
  10. Lengan dan siku relaks, dekat dengan tubuh
  11. Usahakan CPU jangan sampai menghalangi keleluasaan posisi kaki
  12. Istirahatkan mata dengan aturan 20/20/20. Setiap 20 menit gunakan 20 detik untuk  melihat jarak 20 kaki. Sering-seringlah merubah postur. Bangkit dan bergeraklah!

Sangat penting bagi perusahaan untuk mensosialisasikan tips duduk yang benar di depan komputer pada karyawannya. Dengan mengikuti petunjuk cara bekerja yang aman dan nyaman di depan komputer, diharapkan kelelahan atau cedera karena gerakan berulang dapat dicegah. Buatlah kampanye cara bekerja aman dan nyaman lebih kreatif, seperti memasang poster tips bekerja di depan komputer dengan visual yang menarik agar lebih mudah dipahami para karyawan.

Sumber : safetysign.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top