Home / Auditor Internal SMK3 PP 50 Th.2012

Auditor Internal SMK3 PP 50 Th.2012

INHOUSE TRAINING

Auditor Internal SMK3 PP 50 Th.2012

A. Latar Belakang

Yang dimaksud Audit SMK3 pada PP 50 Tahun 2012 Bab I Pasal 1 No.7 adalah pemeriksaan secara sistematis dan independen terhadap pemenuhan kriteria yang telah ditetapkan untuk mengukur suatu hasil kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan dalam penerapan SMK3 di perusahaan. Setiap perusahaan yang telah mengimplementasikan SMK3 membutuhkan alat ukur Audit SMK3. Untuk itu dalam melakukan audit Internal SMK3 dibutuhkan orang yang berkompeten dibidangnya sehingga didapatkan hasil audit yang maksimal.

Namun pada pelaksanaannya diperusahaan-perusahaan untuk ikut Pembinaan dan Sertifikasi Auditor SMK3 mempunyai persyaratan Minimal Sudah AHLI K3 UMUM dan Pendidikan D3, hal inilah yang menjadi kendala utamanya. Kenapa hal ini bisa terjadi ?? Karena hampir setiap perusahaan yang mempunyai Ahli K3 Umum hanya beberapa orang saja, dan orang tersebut biasanya berada didepartemen atau divisi HSE bukan Divisi lain spt di Purchasing atau HRD. Padahal Syarat Utama implementasi Audit Internal yaitu AUDITOR yang INDEPENDEN yang mana audit internal SMK3 dilakukan secara Cross (audit silang).

Latar belakang inilah DynamiqHSE Consulting and Training sebagai salahsatu brand dari PT.Midiatama memberikan fasilitas kepada perusahaan-perusahaan yang menginginkan tim perusahaannya mempunyai Kompetensi Auditor Internal SMK3 sehingga didapat hasil audit internal SMK3 yang efektif dan efisien serta Kesesuaian terhadap Legalitas PP No.50 tahun 2012.

B. Sasaran Program Training

  • Menjadi auditor internal SMK3 yang kompeten dan professional yang mampu melaksanakan audit penerapan SMK3 di internal perusahaan
  • Mengerti dan memahami Interpretasi Kriteria-kriteria SMK3
  • Mengerti dan memahami peran auditor internal SMK3
  • Kelanjutan dari pelatihan SMK3 sebelumnya (4 in 2 dan SMK3 OHSAS)

C. Persyaratan Peserta

  • Pendidikan Min. D3 / Mahasiswa
  • Peserta berbadan sehat
  • Mengenakan pakaian rapi (tidak diperkenankan menggunakan Kaos dan Sandal)
  • Sudah pernah mengikuti Pelatihan terkait K3

D. Materi Training

  • Prinsip Dasar dan Penerapan SMK3
  • Mekanisme dan Teknik Audit SMK3
  • Interpretasi Kriteria-kriteria SMK3 PP 50 Th.2012
  • Pelaksana Audit SMK3 Auditor & Lembaga Audit
  • Simulasi dan Laporan Audit SMK3 (Workshop)

E. Metode Pelaksanaan Training SMK3

  • Penyampaian materi
  • Lokakarya / Workshop menjadi Auditor
  • Pembahasan studi kasus, dimana objek studi kasus berasal dari organisasi peserta Training

F. Instruktur Training

Instruktur yang akan memberikan Pelatihan Auditor Internal SMK3 ini adalah Instruktur Senior dari Kemnaker RI, Akademisi dan Praktisi yang telah berpengalaman dan berkompeten dibidangnya.

G. Pelaksanaan Training Auditor Internal SMK3 INHOUSE TRAINING

a) Waktu & Lokasi Pelaksanaan 

Pelaksanaan Pelatihan ini dilakukan secara In House Training selama 3 hari dimulai dari Pukul 08.00 s.d 17.00 WIB, dengan tanggal & lokasi pelaksanaan disesuaikan hasil kesepakatan bersama kedua belah pihak.

b) Fasilitas Peserta (DynamiqHSE)

  1. Modul 10 buah untuk 10 Orang Peserta
  2. Buku persyaratan PP No.50 th.2012
  3. Buku persyaratan SNI ISO 19011:2012
  4. PIN “Safety Is My Life”
  5. Training kit (Pulpen TouchScreen, Blocknote, Goodybag, Nametag, Tali ID Card)
  6. Tiap Peserta mendapatkan 2 Sertifikat Pelatihan dari Lembaga Training DynamiqHSE berupa : Impelementasi SMK3 PP No.50 th.2012 dan Auditor Internal SMK3

c). Fasilitas yang Harus di Sediakan (Perusahaan/Organisasi yang meminta)

  1. Coffee Break 2x selama 3 hari
  2. Makan Siang selama 3 hari
  3. Training / R. Rapat yang representative
  4. White Board (Flipchart) & Spidol 3 warna
  5. Perlengkapan Pendukung Lainnya (Projector dan Speaker)

 H. Biaya Investasi

Biaya untuk pelatihan ini sebesar Rp.22.000.000,- (Dua Puluh Dua Juta Rupiah) Sudah termasuk pajak Ppn 10%.

Notes :

  1. Pembayaran dilakukan 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan min. 50% 
  2. Jika pelaksanaan dilakukan diluar kota DKI Jakarta maka semua biaya Akomodasi dan Transportasi bagi Instruktur dan Staff 1 orang ditanggung oleh pihak perusahaan/organisasi yang meminta.

I. Pendaftaran

Daftarkan perusahaan anda Download Formulir Pendaftaran

Jika ada yang kurang jelas dapat menghubungi Kami Telpon/Whatsapp :

Team Jakarta :

  • Bara : 087822855575 atau email : dynamiqhse2@gmail.com
  • Imam : 087875053930 atau email : mitradinamis1@gmail.com
  • Bayu : 081377475503 atau email : mitradinamis3@gmail.com
  • Nofal : 085716109429 atau email : mitradinamis2@gmail.com
  • Admin : 082211130869 atau email : pjk3midiatama@gmail.com

Team Palembang :

  • Akbar : 08117105911, 085367054154 , PIN BBM : 7CE25955 atau email : midiatamaplm1@gmail.com
  • Maya : 08117353532, PIN BBM 76B567A6 atau email : midiatamaplm2@gmail.com
  • Agung : 08121973884, PIN BBM 5D86BF22 atau email : midiatamaplm3@gmail.com

Team Medan :

  • Berkah : 082161958339 atau email : midiatamamdn1@gmail.com
  • Mita : 081269036656 atau email : midiatamamdn2@gmail.com
  • Dita : 082168083959 atau email : midiatamamdn3@gmail.com

J. Konfirmasi Kepesertaan

Jika peserta sudah mengirimkan Formulir Registrasi kepada Tim Representative kami di atas, maka selanjutnya akan menerima 2 berkas di bawah ini oleh Tim Panitia Pelaksana Kegiatan :

  1. Surat Konfirmasi Kepesertaan
  2. Formulir Biodata untuk Pembuatan Sertifikat

Setelah mengisi formulir mohon segera kirim kembali ke mitra_dinamis@yahoo.co.id atau pjk3midiatama@gmail.com

Jika ada yang kurang jelas dapat menghubungi kami di No.telp 08153851619

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top