Home / FAQ / Sertifikat Kemnaker RI

Sertifikat Kemnaker RI

Posted on

1. Mengapa Training Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker RI tidak diperkenankan dengan Tamatan SMU/STM/SMK ?

Jawab :

Berdasarkan Permenaker No.02 Tahun 1992 Tentang Tata Cara Penunjukkan Kewajiban dan Wewenang Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja   Pasal 3 :  Untuk dapat ditunjuk sebagai ahli keselamatan dan kesehatan kerja harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
Berpendidikan Sarjana, Sarjana Muda atau Sederajat dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Sarjana dengan pengalaman kerja sesuai dengan bidang keahliannya sekurang-kurangnya 2
tahun;
b. Sarjana Muda atau Sederajat dengan pengalaman kerja sesuai dengan bidang keahliannya
sekurang-kurangnya 4 

Solusi :

Untuk Tamatan SMA/STM/SMK dapat mengikuti training Sertifikasi Kemnaker RI yang lain yaitu Sertifikasi AHLI MUDA K3 KONSTRUKSI, yg masih memperbolehkan untuk mengikuti ini, Solusi kedua yaitu dengan mengikuti Training dan Sertifikasi AHLI MUDA K3 Sertifikasi BNSP. Untuk Ikut Sertifikasi BNSP diperkenankan juga Tamatan SMU/STM/SMK detail informasi ini dijelaskan di Page BNSP.

  2. Mengapa Sertifikat Training Ahli K3 Umum tertulis CALON AHLI K3 UMUM ?

Jawab :

Ketika peserta mengikuti Training Ahli K3 Umum, jika utusan dari Perusahaan yang akan didapatkannya dari Kemnaker RI yaitu : Sertifikat, SKP (Surat Keterangan Penunjukkan) dan Kartu Lisensi.

Peserta yang mengikuti Training Ahli K3 Umum, jika utusan dari Perusahaan yang akan didapatkannya dari Kemnaker RI yaitu :

  • Sertifikat,
  • SKP (Surat Keterangan Penunjukkan) dan
  • Kartu Lisensi.

Merujuk dari Regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah, Regulasi yang mengatur ini tertuang didalam :

  1. Permenaker No.02 Tahun 1992 tentang Penunjukkan dan Wewenang Ahli K3
  2. Permenaker No.239 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Calon Ahli K3 Umum
  3. KepDirjen No.69 Tahun 2015 tentang Pedoman Pembinaan Calon Ahli K3 Umum
  4. Tambahan Surat Pemberitahuan dari Kemnaker RI yang ditujukkan kepada PJK3

Dari Regulasi di atas, jika teman-teman pahami dan telaah lebih dalam, Emang sudah benar pemerintah mengeluarkan Sertifikat Ahli K3 Umum yang tertulisnya adalah CALON AHLI K3 UMUM.

Solusi :

Untuk dapat di tunjuk sebagai AHLI K3 UMUM sesuai dengan Permenaker No.02 Tahun 1992, Setiap peserta WAJIB melampirkan SURAT TUGAS / SURAT KETERANGAN bekerja di sebuah perusahaan dan Copy Ijazah minimal Sarjana Muda D3 (Mahasiswa Semester 7 tidak bisa mendapatkan SKP & Kartu Lisensi).

Peserta akan mendapatkan SKP & Kartu Lisensi sebagai AHLI K3 UMUM, namum SKP & Kartu Lisensi inipun mempunya masa berlakunya yaitu 3 tahun & akan habis masa berlakunya sebelum 3 tahun jika yang bersangkutan :

  1. Pindah tugas ke perusahaan atau instansi lain;
  2. Mengundurkan diri;
  3. Meninggal dunia.

SKP & Kartu Lisensi sebagai AHLI K3 UMUM  dicabut apabila yang bersangkutan terbukti:

  1. Tidak memenuhi peraturan perundang-undangan keselamatan dan kesehatan kerja;
  2. Melakukan kesalahan dan kecerobohan sehingga menimbulkan keadaan berbahaya;
  3. Dengan sengaja dan atau karena kehilafannya menyebabkan terbukanya suatu rahasia perusahaan/instansi yang karena jabatannya wajib untuk dirahasiakan.

3. Berapa lama Sertifikat Ahli K3 Umum, SKP & Kartu Lisensi Kemnaker RI akan keluar ??

Jawab :

Untuk Sertifikat Calon Ahli K3 Umum, SKP & Kartu Lisensi rata-rata waktu yang diperlukan oleh Kemnaker RI untuk dapat mencetak, menempelkan foto, mengesahkan dan membubuhkan Stempel antara 3-6 bulan

Solusi :

Bpk/Ibu dan rekan-rekan semua tidak perlu khawatir, PJK3 Midiatama akan mengeluarkan Sertifikat Sementara yang dilengkapi Teknologi Onliner Berupa Barcode sehingga HRD atau Pihak-pihak terkait dengan TENDER atau Evaluasi CSMS dapat langsung memeriksa ke aslian Sertifikat tsb, dan kami juga berikan tambahan berupa Surat Keterangan jika sertifikat, SKP & kartu lisensi sedang dalam proses di Kemnaker RI.

4. Apakah saya setelah Lulus menjadi Ahli K3 akan disalurkan ke Perusahaan-perusahaan ?

Jawab :

Pada dasarnya semua pemilik Provider PJK3 atau pemilik Diklat atau Perguruan Tinggi sekalipun PASTI sangat ingin semua Alumninya dapat terserap langsung di Dunia Kerja.

Namun setiap angkatan pelatihan midiatama rata-rata alumni per bulannya 100 org, sangatlah sulit secara Logika untuk dapat menyalurkan Alumni sebanyak itu.

Solusi :

Maka dari itu, PJK3 Midiatama / Midiatama Academy memiliki Program Aplikasi ONLINE bernama MiCCa (Midiatama Customer Care) yang dapat didownload oleh para Alumni dan dapat masuk ke Aplikasi ini melalui Username & Password yang telah terkirim ke Email masing-masing Alumni setiap selesai pelatihan. Benefit dari MiCCa ini salahsatunya para Alumni dapat mengirimkan Lamaran ke Lowongan-lowongan Kerja yang telah kami persiapkan baik itu perusahaan Minyak, Gas Bumi, Pertambangan dan BUMN. Aplikasi ini dapat didownload secara Gratis untuk Android (Khusus saat ini) ke https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.midiatama.midiatama.

6. Kenapa saya memilih PJK3 Midiatama sebagai Provider Pelatihan? Apa yang membedakan dengan Provider lain ?

Jawab :

  • Sertifikat Midiatama memiliki BARCODE KHUSUS yg dapat di SCAN menggunakan Aplikasi Barcode, yang mana berisikan data peserta sehingga tdk dapat dipalsukan.
  • Midiatama memiliki SKP (Surat Keterangan Penunjukkan) resmi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI bukan hanya EO yang kirim peserta pelatihan tanpa ada pertanggungjawabannya
  • Kita punya APLIKASI bernama MICCA, Singkatan dari Midiatama Customer Care. Ini adalah Aplikasi yang dibuat khusus untuk para Alumni Midiatama, yg didalamnya terdapat LOWONGAN KERJA banyak sekali sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing alumni. (Dapat di download di PlayStore khusus Pengguna Android)
  • Didalam MICCA ini juga tersedia Scanan Sertifikat, SKP dan Kartu Lisensi shg peserta tidak perlu repot-repot untuk meminta ke HRD nya jika pada saat setelah selesai training Sertifikat di tahan oleh perusahaan (ngeselin Kan??)hehe
  • Midiatama mempunyai Kantor yang jelas bukan Virtual Office seperti PJK3 lain, kami berlokasi di Gedung Wisma Presisi, Lantai 1 No.4B Jl. Meruya Utara, Kembangan Jakarta Barat, Kalo lewat TOL dari arah Cawang keluar Pintu tol Meruya, Lokasinya persis di depan Pintu Tol Meruya tsb yang tidak jauh dari RCTI
  • Midiatama mempunyai ACCOUNT BANKING RESMI, jika Sistem Pembayaran melalui Transfer, langsung ke Nomor Rekening Perusahaan bukan Ke Rekening Pribadi
  • Midiatama juga dapat mengeluarkan Faktur Pajak jika perusahaan menghendaki Faktur Pajak dengan menambahkan 10% untuk biaya Pajak PPN nya
  • Midiatama memiliki Ruang Training sendiri untuk Kapasitas 12 orang & 24 Orang
  • Midiatama memberikan Fasilitas Standar tanpa mengurangi makna dari setiap pelatihan seperti Observasi Lapangan disesuaikan dengan Jenis Pelatihannya spt AHLI K3 UMUM di usahakan Observasinya di Perusahaan Pabrik, AHLI K3 KONSTRUKSI diusahakan di perusahaan BUMN yang bergerak dibidang Konstruksi
  • Midiatama juga resmi memiliki Media Komunikasi ONLINE melalui website resmi CO.ID dengan Situs www.midiatama.co.id
  • Midiatama juga resmi menggunakan CALL CENTER 02122540869 atau di 02150579797 atau GROUP MIDIATAMA 02122545432 bukan hanya No.Hp habis pake langsung Buang.
  • Setiap Alumni akan menjadi AGEN RESELLER MIDIATAMA sehingga dapat juga ikut training lagi dengan DISKON KHUSUS
  • Perusahaan Kami telah tersertifikasi SISTEM MANAJEMEN MUTU (ISO 9001:2015) dari Lembaga Sertifikasi Internasional yang telah terakreditasi dari UKAS

7. Apa persyaratan yang harus saya lengkapi jika ikut pelatihan di PJK3 Midiatama untuk Sertifikasi Kemnaker RI ?

Jawab :

Untuk masing-masing pelatihan mempunyai persyaratan yang berbeda :

  • Pembinaan & Sertifikasi Ahli K3 Umum Kemnaker RI Klik Disini
  • Pembinaan & Sertifikasi Ahli K3 Konstruksi Kemnaker RI Klik Disini
  • Pembinaan & Sertifikasi Ahli Auditor SMK3 Kemnaker RI Klik Disini
  • Pembinaan & Sertifikasi Petugas P3K Kemnaker RI Klik Disini
  • Pembinaan & Sertifikasi Petugas Pemadam Kebakaran Kemnaker RI Klik Disini

8. Fasilitasnya apa saja yang saya dapatkan jika ikut di PJK3 Midiatama untuk Sertifikasi Kemnaker RI ?

Jawab :

Untuk masing-masing pelatihan mempunyai fasilitas berbeda :

  • Pembinaan & Sertifikasi Ahli K3 Umum Kemnaker RI Klik Disini
  • Pembinaan & Sertifikasi Ahli K3 Konstruksi Kemnaker RI Klik Disini
  • Pembinaan & Sertifikasi Ahli Auditor SMK3 Kemnaker RI Klik Disini
  • Pembinaan & Sertifikasi Petugas P3K Kemnaker RI Klik Disini
  • Pembinaan & Sertifikasi Petugas Pemadam Kebakaran Kemnaker RI Klik Disini

9. PT.Midiatama mempunyai cabang dimana saja? Karena asal saya dari daerah, lumayan keluar banyak duitnya kalo harus pelatihannya di Jakarta

 Jawab :

Untuk saat ini per Juli 2017, PT.Midiatama baru mempunyai Cabang di Palembang dan Medan saja selain di Jakarta sebagai Kantor Pusatnya, Namun ke depannya Midiatama akan segera membuka cabang dengan system Mitra Kerja untuk dibeberapa daerah.

10. Siapa yang mengajar pada saat Pelatihan ?

 Jawab :

Untuk yang mengajar pelatihan khususnya pelatihan Kemnaker RI yang diperbolehkan PRAKTISI yang mengajar adalah seorang yang telah berkompeten dibidangnya memiliki Sertifikat Ahli K3 Umum dan Sertifikat TOT (train of trainer) dan memiliki Sertifikat Teknis terkait materi ajarnya contoh pelatihan Petugas P3K adalah seorang Dokter bersertifikat Hyperkes atau pelatihan K3 Konstruksi adalah seorang HSE Manager dari perusahaan kontraktor Konstruksi BUMN dan memiliki sertifikat Ahli K3 Konstruksi dan sertifikat Asosiasi dari A2K4 (Asosiasi Ahli K3 Konstruksi Indonesia).

11. Kalo saya bawa teman untuk ikut Pelatihan di Midiatama, apa saya dapat Komisi ?

 Jawab :

Midiatama membuka Kesempatan sebesar-besarnya kepada para Alumni dan Agen-agen Reseller untuk dapat bekerjasama sebagai Mitra Kerja, dan tentunya akan diberikan Komisi sesuai dengan Kesepakatan dengan tim Sales Internal Midiatama.

12. Saya pengen ikut pelatihan di Midiatama tapi saya masih kurang Uangnya, ada diskon gak ?

 Jawab :

Midiatama selalu memberikan PROMO-PROMO terkait dengan DISKON contoh Promo Share to Share memberikan Potongan DISKON 50% dari harga jual jika dapat membantu melakukan Promosi ke social media selama sebulan dan akan dipilih yang paling banyak melakukan Share.

Kami juga ada Promo bagi para Alumni, jika ada yang berulang tahun dapat ikut pelatihan lainnya dalam 1 (satu) bulan yang sama dengan potongan DISKON 50%. Masih banyak Promo diskon lainnya.

Ok saya sudah Paham Terkait Sertifikasi Kemnaker RI, saya mau daftar sekarang y pak 

Top