Home / Training Petugas P3K

Training Petugas P3K

A. Latar Belakang

P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di tempat kerja berdasarkan Permenaker No:PER.15/MEN/VIII/2008 selanjutnya disebut dengan P3K di tempat kerja, adalah upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja/buruh/ dan/atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera di tempat kerja.

Guna mengantisipasi Terjadinya gangguan kesehatan kerja yang mendadak  dan keselamatan kerja maka ditunjuk sebagai Petugas P3K  di tempat kerja oleh perusahaan, Petugas P3K di Tempat Kerja tersebut perlu mendapatkan pelatihan dengan kurikulum yang sesuai dengan Permenaker : No. 15/MEN/VIII/2008 tentang Pertolongan Pertama Pada kecelakaan (P3K) di Tempat Kerja Bab 2, Pasal 3, ayat 1 & 2 dan Permenaker No.03/MEN/1982 Tentang Pelayanan Kesehatan Kerja.
Dalam Pelaksanaan Pembinaan & Sertifikasi Petugas P3K ini diatur didalam KepDirJend No.53/DJPPK/VIII/2009 tentang Pedoman Pemberian Pelatihan dan Lisensi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Tempat Kerja dan Lampirannya Petunjuk Teknis Pelaksanaannya
 
Berdasarkan Regulasi di atas setiap Perusahaan WAJIB menyediakan PETUGAS P3K dengan ketentuan sbb :
  • Perusahaan dengan Potensi Bahaya Rendah dengan Jumlah Pekerja 150 orang, Petugas P3K yang wajib disediakan yaitu 1 orang
  • Perusahaan dengan Potensi Bahaya Tinggi dengan Jumlah Pekerja 1o0 orang, Petugas P3K yang wajib disediakan yaitu 1 orang 
B. Sasaran Program Pembinaan & Sertifikasi Petugas P3K
  • Meningkatkan pengetahuan tentang P3K di tempat kerja
  • Memahami  pelaksanaan P3K di tempat kerja dan juga meningkatkan ketrampilan dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan kerja guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kesehatan Kerja.

C. Persyaratan Peserta

  • Pendidikan Min. SMU/Mahasiswa
  • Peserta berbadan sehat
  • Mengenakan pakaian rapi (tidak diperkenankan menggunakan Kaos dan Sandal)

D. Persyaratan Administrasi

  • Pasphoto 4×6 warna merah sebanyak 4 lembar
  • Pasphoto 3×4 warna merah sebanyak 3 lembar
  • Pasphoto 2×3 warna merah sebanyak 3 lembar
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  • Surat Tugas dari Perusahaan

E. Kompetensi Petugas P3K di tempat Kerja (Sesuai KepDirjend No.53 Tahun 2009) Disini

(A) Materi Dasar

  • Dasar-dasar kesehatan kerja dan Peraturan perundangan bidang P3K di Tempat Kerja
  • Dasar-dasar P3K di Tempat Kerja

(B) Materi Inti

  • Anatomi dan Fisiologi Manusia
  • Pertolongan pertama pada Gangguan Umum
  • Resusitusi Jantung Paru
  • Pertolongan Pertama pada Gangguan Lokal
  • Pertolongan pertama pada gangguan Kejang, Pajanan Suhu Lingkungan dan Bahan Kimia
  • Pertolongan Pertama pada Keadaan Khusus
  • Tanggap darurat dan Evakuasi Korban dalam Pertolongan Pertama

(B) Evaluasi

  • Pre Test
  • Post Test

F. Metode Pelaksanaan

  • Penyampaian materi
  • Diskusi
  • Pembahasan studi kasus, dimana objek studi kasus berasal dari organisasi peserta Training
  • Praktek CPR, Pembidaian Luka terbuka dan Luka Tertutup, Pengangkatan dan Pemindahan

G. Instruktur

Instruktur yang akan memberikan Pelatihan SMK3 ini adalah Instruktur Senior dari Kemnaker RI, Akademisi/Dosen, Dokter dan Praktisi PMI yang telah berpengalaman dan berkompeten dibidangnya.

H. Investasi Pembinaan & Sertifikasi Petugas P3K

Rp. 2.900.000,- Belum termasuk Pajak Ppn 10% dan Pph 2% (Jika Diperlukan)

G. Fasilitas

  • Sertifikat Petugas P3K Kemnaker RI
  • Modul Harccopy
  • FlashCard Exclusive
  • Softcopy Modul & Peraturan Perundangan K3
  • POLO Shirt Keren
  • Lunch & Coffee Break sistem Prasmanan
  • PIN “Safety Is My Life”
  • Training kit (Pulpen TouchScreen, Blocknote, Goodybag, Nametag, Tali ID Card)
  • Lokasi Strategis dan nyaman di Gedung Pusat K3 Jakarta.

H. Pendaftaran

Daftarkan diri anda Download Formulir Pendaftaran

Jika ada yang kurang jelas dapat menghubungi Kami Telpon/Whatsapp :

Team Jakarta :

  • Dewi   : 08999706086
  • Made  : 082113000257
  • April   : 081287373493
  • Bayu   : 081377475503
  • Ivan    : 082165633450
  • Rendi : 081517278777

Team Palembang :

  • Akbar : 08117105911, 085367054154 , PIN BBM : 7CE25955 atau email : midiatamaplm1@gmail.com
  • Maya : 08117353532, PIN BBM 76B567A6 atau email : midiatamaplm2@gmail.com

Team Medan :

  • Bayu : 081377475503 atau email : mitradinamis3@gmail.com

Oke Saya Daftar Sekarang : 

I. Konfirmasi Kepesertaan

Jika peserta sudah mengirimkan Formulir Registrasi kepada Tim Representative kami di atas, maka selanjutnya akan menerima 2 berkas di bawah ini oleh Tim Panitia Pelaksana Kegiatan :

  1. Surat Konfirmasi Kepesertaan
  2. Formulir Biodata untuk Pembuatan Sertifikasi Kemnaker RI

J. Jadwal Pembinaan dan Sertifikasi Petugas P3K :

Di Jakarta

Testimonial Peserta Petugas P3K :

K. Pembinaan dan Sertifikasi Petugas P3K yang sudah berjalan sebelumnya :

Batch 1 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 22 – 24 Agustus 2016, Jumlah Peserta : 20 Orang

Petugas P3K Kemnaker RI

Batch 2 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 16 – 18 November 2016, Jumlah Peserta : 21 Orang

Petugas P3K PJK3 Midiatama Batch 2

Batch 3 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 27 – 29 Desember 2016, Jumlah Peserta : 6 Orang

Petugas P3K PJK3 Midiatama Batch 3

Batch 4 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 23 – 25 Januari 2017, Jumlah Peserta : 17 Orang

Petugas P3K PJK3 Midiatama Batch 4

Batch 5 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 23 – 25 Februari 2017, Jumlah Peserta : 14 Orang

PETUGAS P3K BATCH 5

Batch 6 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 8 – 10 Maret 2017, Jumlah Peserta : 10 Orang

PETUGAS P3K BATCH 6

Batch 7 : Lokasi Pelaksanaan di Medan, Tanggal 13 – 15 Maret 2017, Jumlah Peserta : 25 Orang

PETUGAS P3K BATCH 7 MEDAN

Batch 8 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 30 Maret – 01 Januari 2017, Jumlah Peserta : 7 Orang

PETUGAS P3K BATCH 8

Batch 9 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 27 – 29 April 2017, Jumlah Peserta : 11 Orang

Batch 10 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 18 – 10 Mei 2017, Jumlah Peserta : 9 Orang

PETUGAS P3K BATCH 10

Batch 11 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 15 – 17 Juni 2017, Jumlah Peserta : 18 Orang

Batch 12 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 20 – 22 Juli 2017, Jumlah Peserta : 9 Orang

Batch 13 : Lokasi Pelaksanaan di Palembang, Tanggal 31 Juli – 2 Agustus 2017, Jumlah Peserta : 10 Orang

Batch 14 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 14-16 Agustus 2017, Jumlah Peserta : 5 Orang

Batch 15 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 14-16 September 2017, Jumlah Peserta : 12 Orang

Batch 16 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 12-14 Oktober 2017, Jumlah Peserta : 8 Orang

Batch 17 : Lokasi Pelaksanaan di Jakarta, Tanggal 16-18 November 2017, Jumlah Peserta : 12 Orang

Oke Saya Daftar Sekarang : 

Mau Lihat Galeri Foto-foto Kami lainnya ?? Kunjungi Facebook kami, Klik Link di Bawah ini

Facebook PJK3 Midiatama

2 thoughts on “Training Petugas P3K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top