Home / Article / ⚠Cedera Pada Fraktur Tertutup (Closed Fracture)

⚠Cedera Pada Fraktur Tertutup (Closed Fracture)

Posted on

Pertolongan Pertama Pada Fraktur Tertutup (Closed Fracture)

___

1. Setelah memeriksa cedera, mintalah korban untuk tidak banyak bergerak. Gunakan bantalan ringan untuk menopang cedera.

2. Jika Anda bisa melakukannya, setelah bantalan diletakkan di area cedera, pasang gendongan (sling) menggunakan kain untuk melindungi cedera agar tidak bertambah parah. Sling digunakan sebagai penopang atau pencegah bagian tubuh yang patah dari gerakan sambil menunggu bantuan medis tiba.

3. Lakukan imobilisasi patah tulang dengan memasang sling menggunakan kain segitiga hingga setara dada. Ini akan mencegah pergerakan ketika korban dalam perjalanan ke rumah sakit. Hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk pertolongan lebih lanjut.

Penting!

  • Jika anggota tubuh mengalami dislokasi atau patah, jangan pernah mencoba untuk mengembalikan ke posisi semula karena dapat mengakibatkan cedera yang lebih berat. Petugas medis di rumah sakit akan menanganinya.
  • Memindahkan atau mengangkut korban patah tulang tidak direkomendasikan kecuali Anda telah mendapatkan pelatihan pertolongan pertama.
  • Jika korban terlihat normal dan hanya memar, coba cari tahu penyebab cedera (misalnya kejatuhan atau tertimpa sesuatu) untuk dapat mengetahui apakah ada tulang yang patah. Foto rontgen atau sinar X biasanya diperlukan untuk mendiagnosis patah tulang.

Hal terpenting ketika menangani korban patah tulang adalah hindari melakukan pertolongan lebih lanjut sebelum mengetahui dengan seksama lokasi dan kondisi patah tulang pada korban serta jika Anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk memberikan bantuan darurat pada korban.

Jika korban sadar, jaga kondisinya agar tetap terjaga hingga bantuan medis tiba ke lokasi. Posisikan korban dalam keadaan nyaman dan coba tenangkan.

Semoga bermanfaat. Salam safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat