Home / Article / ⭐Mengenal HSE Officer dan Tugasnya di Tempat Kerja

⭐Mengenal HSE Officer dan Tugasnya di Tempat Kerja

Posted on

Mengenal HSE Officer..

Penerapan K3 dalam sebuah perusahaan harus dilakukan secara optimal. Untuk mencapai target optimal tersebut, setiap perusahaan membuat sebuah badan atau komite khusus yang mengatur penerapannya. Komite atau badan khusus ini bekerja dengan sistem manajemen K3 atau lebih banyak dikenal sebagai SMK3.

Badan atau komite khusus ini biasa juga disebut P2K3 singkatan dari Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dalam struktur P2K3 langsung diketui oleh pucuk pimpinan tertinggi sebuat perusahaan. Lalu yang menjadi sekretaris P2K3 adalah seorang HSE Officer.

Health Safety dan Environment Officer pada dasarnya adalah sebuah pekerjaan. Sebuah job desk untuk seseorang atau bagian yang dinamakan safety officer. Untuk menjadi seorang HSE Officer Anda terlebih dahulu harus ikut pelatihan Ahli K3 Umum dan mendapatkan surat penunjukan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Sebagai sebuah pekerjaan atau profesi, tentunya HSE officer ini dikerjakan oleh orang atau sekumpulan orang yang profesional dan dengan latar belakang pendidikan tertentu. Sesuai dengan namanya, HSE officer ini bertugas untuk memastikan bahwa semua pekerja berada dalam kondisi dan suasana yang aman dan selamat.

Terciptanya lingkungan kerja dengan kondisi yang aman dan nyaman, tidak dapat diwujudkan jika HSE officer ini tidak bekerja. Biasanya HSE officer akan bekerja dengan memetakan risiko bahaya yang terjadi pada masing-masing wilayah lingkungan kerja. Selanjutnya dari hasil pemetaan tersebut,

HSE officer akan mengupayakan implementasi K3 yang akan membuat semua risiko tersebut dapat diminimalkan dampak buruknya. Baik untuk pekerja sekaligus perusahaan.

Semoga Bermanfaat, Salam Safety!

YUK TONTON VIDEO PEMBAHASANNYA. Klik disini yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat