Home / Article / 💥Ini dia Syarat terberat!! untuk Menjadi HSE Officer

💥Ini dia Syarat terberat!! untuk Menjadi HSE Officer

Posted on

Syarat Menjadi HSE Officer..
__

Seperti yang telah disebutkan pada artikel sebelumnya, bahwa HSE officer adalah orang atau sekumpulan orang dengan latar belakang pendidikan profesional. Mengingat tugasnya yang cukup berat dan penting, maka latar belakang pendidikan yang diwajibkan tidak jauh dari keselamatan dan kesehatan kerja.

Beberapa perusahaan mengangkat seorang HSE officer dengan latar belakang teknik industri yang akan sangat menguasai K3 karena menjadi salah satu mata kuliah yang wajib diambil.

Selain teknik industri, beberapa perusahaan juga mengambil HSE profesional dengan latar belakang pendidikan kesehatan. Tentunya jenis kesehatan yang dimaksud sesuai dengan industri.

Sudah menjadi senjata yang harus dikuasai oleh seorang calon HSE Officer adalah Ilmu K3L. Banyak sekali terkait dengan Ilmu K3L ini, biasanya dipelajari oleh mahasiswa dibangku kuliah (diprogram studi K3, FKM, maupun Teknik), melaui training-training (workshop, inhouse training), maupun melalui pengalaman yang diperoleh dari magang/internship/KP maupun pengalaman kerja di perusahaan/industri.

Setelah mempunyai ilmu K3L, kita berusaha menerapkan dalam perusahaan tentu kita akan dihadapkan dengan berbagai macam tingkatan manusia. Tingkatan yang dapat dilihat dari jabatan, seperti; top management, middle management, lower management.

Semua manajemen tersebut adalah kumpulan manusia dan untuk berhubungan dengan mereka kita memerlukan Komunikasi. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang dapat diterima oleh lawan bicara atau saling memberikan timbal balik atas komunikasi tersebut dan maksud (informasi maupun pengetahuan) bisa diterima oleh lawan bicara ketika proses komunikasi tersebut.

Mengingat HSE officer ini keberadaannya tidak hanya untuk memantau kondisi keselamatan kerja pertambangan, namun juga konstruksi, pabrik, rumah sakit, migas dan banyak lagi. Dari ulasan singkat ini, Anda dapat menyimpulkan beratnya tugas dan tanggung jawab HSE officer.

YUK TONTON VIDEO PEMBAHASANNYA. Klik disini yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat