Home / Article / 📊Peran Penting Manajemen Risiko, jangan di anggap sepele!

📊Peran Penting Manajemen Risiko, jangan di anggap sepele!

Posted on

Peran Penting Manajemen Risiko, jangan di anggap sepele!

___

Tujuan manajemen risiko adalah untuk meminimalkan kerugian dan meningkatkan kesempatan atau peluang di perusahaan. Pada dasarnya manajemen risiko bersifat pencegahan terhadap terjadinya kerugian maupun kecelakaan kerja.”

Risiko selalu ada pada setiap tingkatan jabatan maupun proses operasi perusahaan. Dalam kegiatan operasi perusahaan, risiko akan selalu mengancam sehingga bisa memengaruhi tujuan atau sasaran perusahaan yang berakibat kerugian finansial, kerugian waktu, hingga kecelakaan kerja. Bila dibiarkan, hal ini bisa mengakibatkan usaha perusahaan berjalan statis dan berakhir pada kehancuran bisnis itu sendiri.

“Risiko adalah peluang terjadinya sesuatu yang akan mempunyai dampak terhadap sasaran, diukur dengan hukum sebab akibat.  Standar AS/ NZS 4360″

 

Identifikasi risiko, penilaian risiko, analisis risiko hingga pengendalian risiko perlu dilakukan agar kerugian atau kecelakaan kerja dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Inilah yang dinamakan manajemen risiko.

Peran Penting Manajemen Risiko

Apa itu manajemen risiko? Mengapa manajemen risiko penting dilakukan perusahaan? Konsep manajemen risiko awalnya dikenal di bidang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada tahun 1980-an setelah berkembangnya model teori kecelakaan kerja yang dikeluarkan ILCI (teori ILCI Loss Causation).

Manajemen risiko haruslah menjadi bagian penting dari pelaksanaan sistem manajemen sebuah perusahaan. Manajemen merupakan bagian yang tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari kegiatan proses organisasi/ perusahaan dalam mencapai tujuan atau sasaran.

Manajemen risiko adalah suatu upaya pengelolaan risiko secara komprehensif, terencana dan sistematis guna mencegah terjadinya kerugian atau kecelakaan kerja dan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dengan melihat risiko dan dampak yang dapat ditimbulkan.

Semoga Bermanfaat, Salam Safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat