Home / Article / ?7 Tips Penting Keselamatan Kerja Yang Harus Diketahui Para Pegawai

?7 Tips Penting Keselamatan Kerja Yang Harus Diketahui Para Pegawai

Posted on

7 Tips Penting Keselamatan Kerja
Yang Harus Diketahui Para Pegawai

____

Keselamatan dan juga kenyamanan dalam lingkungan kerja tidak akan ada jika tidak di bentuk dari para pegawai itu sendiri. Safety management merupakan hal yang paling diperhatikan di lingkungan kerja, terlebih lagi dengan lingkungan kerja yang mencakup berbagai alat berat.

Banyak berbagai perusahaan atau pabrik yang menetapkan beragam kebijakan mengenai keselamatan kerja, tetapi pada dasarnya semua itu kembali kepada para pekerja atau pegawainya itu sendiri.

Karena kesadaran akan keselamatan kerja terkadang sering terlupakan oleh berbagai pekerja, mungkin ada baiknya untuk para pekerja atau perusahaan untuk menyampaikan betapa pentingnya keselamatan kerja pada lingkungan kerja.

1. Selalu Memperhatikan Lingkungan Sekitar
Dengan mengetahui poin ini, maka dapat diharapkan untuk para pegawai agar selalu memperhatikan lingkungan kerja sekitarnya. Terutama lingkungan kerja yang dikelilingi peralatan berat atau beragam mesin. Tujuannya adalah agar para pekerja selalu waspada dan menyadari dan juga menghindari hal-hal tidak sengaja terjadi di lingkungan tersebut.

2. Postur Tubuh pada Saat Bekerja Yang Bagus
Jika kamu bekerja di belakang meja, selalu buat pundakmu tetap rata dengan pinggangmu. Hal ini bertujuan untuk menghindari kamu dari terjadinya sakit punggung dikarenakan pada posisi duduk yang tidak sesuai dengan postur tubuh. Jika memungkinkan, cobalah menggunakan berbagai kursi yang ergonomik dan nyaman dipakai untuk bekerja.

3. Istirahat Tepat Waktu
Seringnya terjadi kecelakaan kerja pada tempat kerja itu dikarenakan kurang fokusnya pekerja di akibatkan kelelahan. Dengan mengambil istirahat yang tepat akan waktunya akan membuat terhindar dari rasa lelah dan kurang fokus akibat pekerjaan.

Electrician checking cabling power line

4. Gunakan Peralatan dan Mesin Dengan Benar
Selalu menggunakan peralatan dan juga beragam mesin dengan baik dan benar! Pastikan tidak menggunakannya secara asal dan cepat. Beberapa peralatan dan juga mesin membutuhkan penggunanaan yang benar untuk dipakai. Menggunakan peralatan atau mesin kerja dengan benar dapat menghindari terjadinya kecelakaan kerja.

5. Jangan Menghalangi Pintu Darurat
Jika dilihat terkadang pintu darurat jarang sekali dibutuhkan dan sering kita abaikan. Pada kenyataannya pintu darurat dapat menolong banyak orang jika terjadi kecelakaan pada lingkungan kerja. Selalu membuat pintu darurat dapat di akses dengan mudah kapan saja merupakan tindakan yang benar.

6. Selalu Membuat Laporan Kerusakan
Kerusakan pada peralatan atau mesin kerja sudah pasti akan terjadi, dan itu tugas para pekerja untuk selalu memperhatikannya. Jika terdapat kerusakan pada peralatan atau mesin, meski itu kerusakan kecil sekalipun maka sudah seharusnya untuk segera dilaporkan ke atasan tersebut untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

7. Menggunakan Peralatan Safety Dengan Benar
Salah satu poin penting dalam menghindari terjadinya kecelakaan kerja adalah menggunakan peralatan safety yang benar dan tepat. Tergantung dari pekerjaannya, penggunaan peralatan safety seperti sepatu safety, kacamata safety, helm safety, hingga pelindung telinga dapat membantu menurunkan tingkat kecelakaan dengan besar.

Semoga Bermanfaat, Jangan lupa di Share yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat