Home / Article / šŸ“¢Tips Keselamatan Kerja dalam Pengelasan

šŸ“¢Tips Keselamatan Kerja dalam Pengelasan

Posted on

Tips Keselamatan Kerja dalam Pengelasan


Setiap kali dilakukan pengerjaan pengelasan di tempat kerja, perlu diperhatikan tingkat keselamatannya. Untuk itulah mengetahui bagaimanaĀ keselamatan kerja dalamĀ pengelasanĀ itu menjadi sangat penting.

Sebab pengerjaan pengelasan ini menghasilkan asap dan partikel yang bisa berbahaya bagi pekerja. Dalam artikel ini dibahas bagaimana cara untuk mengurangi tingkat paparan asap dan partikel sehingga pengelasan yang aman bisa tercapai.

Langkah Awal Pengelasan yang Aman
Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan dalam menciptakanĀ keselamatan kerja pengelasanĀ adalah denganĀ memastikan ventilasi atau sistem pembuangan yang efektifĀ untuk melindungi diri dari paparan asap dan partikel yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit atau ketidaknyamanan saat bekerja.

Pekerjaan welding atau pengelasan sendiri merupakan pekerjaan yang sering dilakukan di sektor manufaktur atau konstruksi. Untuk itu, perusahaan maupun pekerja sangat penting untuk menyadari bahaya apa saja yang melekat dari pekerjaaan mengelas ini. Selain itu,Ā pekerja perlu memakai respiratorĀ yang dapat membantu mengurangi tingkat terkena paparan asap.

Respirator adalah salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang harus dipakai pekerja saat mengelas. Terutama jika tempat pekerjaaan mengelas belum memiliki sistem ventilasi yang baik. Dan meskipun tempat pengelasan sudah terdapat ventilasi yang memadai, sebaiknya pekerja tetap memakai respirator. Sebab ventilasi yang ada tidak bisa untuk menghilangkan semua bahaya dari paparan itu.

Pemilihan repirator yang tepat juga sangat penting. Anda bisa pilih respirator sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Jika asap yang keluar masuk kategori beracun, maka respirator yang harus dipakai adalah yang dilengkapi dengan penyuplai udara (Supplied Air Respirator System).

Tidak hanya dengan menyediakan respirator yang baik, pihak perusahaan juga perlu untuk menguji tingkat racun dari asap yang dihasilkan selama proses pengelasan. Hal ini sangat penting. Sebab sering kali asap beracun dari pekerjaan welding ini tidak berbau atau berwarna. Karena tidak kasat mata itu kemudian sering kali pekerja menjadi abai untuk waspada.

Dengan demikian, bisa disimpulkan berikut ini yang perlu dilakukan untuk menciptakan keselamatan kerja pengelasan yaitu:

  1. Menguji tingkat racun asap hasil pengelasan
  2. Pemasangan ventilasi atau saluran pembuangan yang tepat
  3. Pekerja memakai respirator yang sesuai.

Pekerjaaan pengelasan tidak bisa dianggap sepele. Pekerjaan ini termasuk yang berkategori berbahaya. Karena itulah sudah menjadi kewajiban perusahaan dan pekerja untuk membuat lingkungan pengelasan yang aman dan sehat.

Semoga Bermanfaat, Jangan lupa di Share yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat