Home / Article / 📢Yuk !! cari tau HAK dan Kewajiban Perusahaan untuk Pekerja Rumahan

📢Yuk !! cari tau HAK dan Kewajiban Perusahaan untuk Pekerja Rumahan

Posted on

Perusahaan wajib untuk melindungi kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan pekerja rumahan. Untuk itu, perusahaan perlu melakukan penilaian risiko aktivitas kerja dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi risiko terkait.

Memang banyak jenis pekerjaan yang dilakukan di rumah merupakan pekerjaan yang tergolong ‘beresiko rendah’. Meski demikian, untuk menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja, baiknya perusahaan ikut membekali pekerja rumahan dengan pemahaman K3 yang baik. Selain itu, bisa juga perusahaan memfasilitasi dengan memberikan peralatan yang sesuai standar, seperti misalnya kursi ergonomis dan pengaturan ruang kerja.

Sementara, untuk pekerja rumahan yang bekerja dengan dengan lem atau solder, perusahaan harus menyediakan alat pelindung diri. Dengan begitu, resiko yang mengancam keselamatan dan kesehatan pekerja dapat dikurangi. Selain itu, ada juga pekerja rumahan, namun juga melakukan perjalanan.Seperti misalnya agen penjualan atau konsultan bisnis yang harus melakukan perjalanan untuk bertemu dengan klien. Di sini perusahaan harus memastikan mobil armada yang dipakai dirawat dengan baik. Agar perjalanan kerja yang dilakukan dapat aman.

Jika memang pekerja rumahan ini menyetir sendiri kendaraaannya, perusahaan perlu memastikan bahwa pekerja memang mampu menyetir dengan aman. Jika dirasa kurang, perusahaan bisa memfasilitasi dengan melakukan kursus mengemudi bagi pekerja ini.

Bukan itu saja, perusahaan secara rutin perlu mengunjungi pekerja rumahan untuk melakukan penilaian risiko. Dengan pemantauan semacam ini, standar K3 bagi pekerja rumahan akan lebih terjamin.

Penting bagi perusahaan untuk memberikan pelatihan keselamatan kerja terkait dengan pekerjaan yang diberikan. Sebab pekerja rumahan ini tidak mendapat pengawasan langsung tiap harinya.

Semoga Bermanfaat, Jangan lupa di share yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat