Home / Article / 😖AWAS !! Jari bisa kepotong gara-gara Mesin ini, Hindari deh..

😖AWAS !! Jari bisa kepotong gara-gara Mesin ini, Hindari deh..

Posted on

 

Bahaya Mesin Bergerak Dan Pentingnya Pemasangan Pelindung Pada Mesin (Safety Guarding)

___

 

Pentingnya Pemasangan Pelindung Mesin (Safety Guarding)
Mesin yang digunakan di pabrik atau industri mengandung berbagai potensi bahaya yang dapat mengancam keselamatan dan kesehatan pekerja. Maka dari itu, potensi bahaya yang ada harus dikontrol atau dihilangkan.

Ada dua prinsip dasar kontrol sumber bahaya yang harus dipertimbangkan dalam mengurangi sumber bahaya mesin, yakni meniadakan atau mengurangi risiko dengan memasang pelindung pada mesin dan melindungi pekerja dengan alat pelindung diri untuk risiko tertentu.

Pelindung mesin (safety guarding) adalah suatu alat perlengkapan yang dipasang pada suatu pesawat tenaga dan produksi (mesin) yang berfungsi untuk melindungi tenaga kerja dari kecelakaan yang ditimbulkan pesawat tenaga dan produksi.

Pada dasarnya, pemasangan pelindung mesin bertujuan untuk melindungi dan mencegah cedera pada pekerja dari:

  • Titik operasi (saat pemotongan, pengerjaan pelubangan, proses bubut, pembengkokan atau penekukan, proses mengubah bentuk dan ukuran, menggunting atau memotong plat, pengeboran, proses meratakan atau menghaluskan benda kerja, proses punching)
  • Titik nip (nip point) mesin yang berputar  
  • Mesin berputar ((mesin bubut, mesin sekrap, mesin frais, mesin bor, mesin bending, mesin drilling, mesin gerinda ))
  • Komponen mesin yang berbahaya (poros, kopling, pasak, palang, roda berat, roda gigi, katrol, sabuk, tonjolan pada bagian yang bergerak, sekrup berputar, rantai yang bergerak atau berputar).

Potensi Bahaya Pada Mesin Bergerak atau Berputar

 

 

Tanpa pelindung mesin, tanpa mengikuti prosedur bekerja aman, atau tidak mengenakan alat pelindung diri yang tepat, pengoperasian mesin bergerak atau berputar bisa mengakibatkan cedera bagi pekerja atau kerusakan pada alat/ mesin.

Gerakan Mesin Potensi Bahaya Dampak
Berputar Jari, tangan atau bagian tubuh lain terpotong, terjepit, atau terperangkap Luka gores (laserasi), amputasi, mati lemas karena sumbatan jalan napas (suffocation)
Mesin yang bergerak ke atas dan ke bawah, bergerak ke depan dan ke belakang, bergerak membuka dan menutup Jari, tangan atau bagian tubuh lain terpotong, terjepit, tertimpa bagian mesin Patah tulang (fraktur), amputasi, kematian
Straight line machine Bagian tubuh tertarik atau terlilit mesin Keseleo, patah tulang (fraktur), amputasi, kematian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat