Home / Article / 😱😨3 Penyebab Kebakaran di Tempat Kerja

😱😨3 Penyebab Kebakaran di Tempat Kerja

Posted on

Apa yang menyebabkan Kebakaran dapat terjadi di Tempat Kerja?


Mengetahui cara mencegah kebakaran di tempat kerja akan menekan kerugian kecelakaan yang menyebabkan kebakaran. Tentunya informasi mengenai pencegahan kebakaran ini harus disampaikan dengan tepat kepada seluruh personil keamanan sekaligus karyawan.

Selain informasi yang baik, pelatihan kecelakaan kerja yang dapat menyebabkan kebakaran juga harus dilakukan. Terutama bila mengingat banyak sekali potensi bahaya di tempat kerja yang dapat menimbulkan kebakaran yang menelan banyak sekali kerugian.

Penyebab kebakaran di tempat kerja
Kecelakaan yang menyebabkan kebakaran dapat terjadi di mana saja. Namun di tempat kerja dengan banyak sekali mesin yang terhubung pada saluran listrik serta penggunaan bahan-bahan kimia selama proses produksi membuat resiko terjadinya kebakaran di tempat kerja jauh lebih besar dibandingkan tempat lainnya.

Untuk menekan risiko kebakaran di tempat kerja, mengetahui penyebab kebakaran sangat diperlukan. Berikut ini beberapa penyebab kebakaran di tempat kerja:

  1. Kelalaian yang dilakukan oleh karyawan seperti merokok sembarangan menjadi potensi bahaya kebakaran terbesar. Selain merokok, kelalaian seperti lupa mematikan aliran listrik yang terhubung pada mesin produksi juga menjadi penyebab utama kebakaran di tempat kerja.
  2. Kesengajaan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab juga dapat menjadi penyebab kebakaran di tempat kerja. Kesengajaan ini dapat berupa penggantian komponen mesin atau alat-alat perusahaan yang tidak memenuhi standar sehingga menyebabkan kecelakaan kerja yang berakibat pada kebakaran.
  3. Api menyala sendiri akibat dari bertemunya unsur-unsur pembentuk api dengan bahan-bahan yang mudah terbakar. Hal ini seringkali terjadi pada beberapa pabrik atau perusahaan yang menyimpan bahan bakar sembarangan hingga tanpa diketahui menguap yang kemudian bertemu panas sehingga timbul reaksi pembakaran.

Dengan mengetahui penyebab atau potensi bahaya kebakaran yang terjadi di tempat kerja akan membuat setiap personil keamanan, karyawan sekaligus pihak tertinggi perusahaan waspada terhadap bahaya kebakaran.

Selain itu mengetahui tiga unsur kebakaran yaitu bahan bakar, oksigen dan panas juga akan membuat setiap siaga dalam melakukan tata laksana cara mencegah kebakaran di tempat kerja.

Semoga Bermanfaat, Jangan lupa di Share yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat