Home / Article / šŸ™ŒCara Menangani Limbah B3 Industri

šŸ™ŒCara Menangani Limbah B3 Industri

Posted on

Sifatnya yang cenderung merusak, bukan beratiĀ limbah B3Ā industri tidak bisa ditanggulangi. Ada beberapa cara untuk menangani limbah B3 industri dengan baik dan benar. Berikut ulasan cara penanganan limbah B3 industri yang wajib Anda ketahui.

1. Pengubahan bentuk fisik atau stabilisasi
Cara pertama yaitu dengan melakukan perubahan fisik terhadap limbah B3 industri dengan cara-cara yang bersifat biologi ataupun kimia.

Pada prosesnya yaitu dengan memberikan peningkatan terhadap penambahan senyawa lainnya yang bertujuan membatasi serta memperkecil proses pelarutan, penyebaran racun dari limbah, sebelum melakukan proses pembuangan. Bahan yang bisa dipakai untuk stabilisasi seperti bahan termoplastik dan kapur.

2. Bioremediasi
Cara ini yaitu dengan memanfaat bakteri dan mikroorgnisme lain untuk menghancurkan racun pada limbah industri. Bakteri-bakteri yang dipakai biasanya berasal dari tumbuhan. Cara ini tergolong cara yang lebih murah, namun kelemahan yaitu proses perubahannya sedikit lebih lama.

3. Sumur injeksi
Cara selanjutnya untuk menangani limbah B3 industri yaitu dengan membuang limbahnya dengan membuat sumur injeksi. Prosesnya yaitu dengan memompa limbah B3 lewat pipa hingga sampai pada lapisan batuan yang paling dalam. DenganĀ Ā memasukkan limbah hingga ke lapisan batuan tentunya tidak akan merusak dan mencemarkan tanah.

Limbah B3 industriĀ merupakan limbah yang menjadi masalah banyak orang. DiĀ sisi lain limbah sendiri pasti tetap ada pada setiap pembuangan industri. Meski demikian, limbah B3 industri bisa ditangani dengan baik pengolahannya, seperti dengan cara stabilisasi, bioremediasi, hingga membuat sumur injeksi. Dengan hal tersebut permasalahanĀ limbah B3 pun bisa diselesaikan dengan maksimal.

Semoga Bermanfaat, Jangan lupa di Share yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat