Home / Article / Bagaimana cara melakukan PENILAIAN RISIKO??? Simak pembahasannya…

Bagaimana cara melakukan PENILAIAN RISIKO??? Simak pembahasannya…

Posted on

Bagaimana Cara Melakukan PENILAIAN RISIKO???

___

Risiko selalu ada pada setiap tingkatan jabatan maupun proses operasi perusahaan. Dalam kegiatan operasi perusahaan, risiko akan selalu mengancam sehingga bisa memengaruhi tujuan atau sasaran perusahaan yang berakibat kerugian finansial, kerugian waktu, hingga kecelakaan kerja. Bila dibiarkan, hal ini bisa mengakibatkan usaha perusahaan berjalan statis dan berakhir pada kehancuran bisnis itu sendiri.

Risiko adalah peluang terjadinya sesuatu yang akan mempunyai dampak terhadap sasaran, diukur dengan hukum sebab akibat. – Standar AS/ NZS 4360

Penilaian Risiko
Tahapan ini dilakukan melalui proses analisis risiko dan evaluasi risiko. Analisis risiko dilakukan untuk menentukan besarnya suatu risiko dengan mempertimbangkan tingkat konsekuensi (keparahan) dan kemungkinan yang dapat terjadi untuk mengambil tindakan pengendalian.

Untuk menentukan tingkat atau level risiko, Anda dapat melakukan penilaian menggunakan matriks sesuai standar AS/ NZS 4360 di bawah ini:

Keterangan:
Extreme High Risk (E): Sangat berisiko, dibutuhkan tindakan secepatnya
High Risk (H): Risiko tinggi, dibutuhkan perhatian dari manajemen puncak
Medium Risk (M): Risiko sedang, tanggung jawab manajemen harus spesifik
Low Risk (L): Risiko rendah, ditangani dengan prosedur rutin

Sebagai tindak lanjut dari penilaian risiko perlu dilakukan evaluasi risiko. Tujuannya untuk melihat apakah risiko yang telah dianalisis dapat diterima atau tidak dengan tingkat/ level risiko sesuai kriteria standar yang digunakan, di mana selanjutnya akan masuk pada pertimbangan tahapan pengendalian.

Semoga Bermanfaat, Salam Safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat