Home / Article / Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Kecelakaan Forklift? Yuk simak pembahasannya..

Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Kecelakaan Forklift? Yuk simak pembahasannya..

Posted on

Mencegah Terjadinya Kecelakaan Forklift


Pengoperasian forklift menjadi perhatian banyak pihak. Sebab penggunaan forklift di banyak industri cukup besar dan vital. Namun ternyata, hal miris juga terjadi. Sebab dari data yang dihimpun, fakta menunjukkan kecelakaan yang berhubungan dengan penggunaan forklift masih cukup tinggi.

Menurut data, forklift telah menyebabkan sekitar 85 korban jiwa setahun, dan hampir 35 ribu kecelakaan yang mengakibatkan cedera serius. Belum lagi sekitar 61 ribu kecelakaan yang mengakibatkan cedera tidak serius. Angka itu dihimpun oleh OSHA yang meneliti di Amerika Serikat dimana terdapat sekitar 855.000 forklift di negara Paman Sam itu.

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya kecelakaan forklift? Mungkin kita jadi bertanya-tanya apakah pekerja yang mengoperasikan forklift ini belum dilatih dengan benar mengenai cara mengoperasikan forklift, atau mereka tidak mengikuti prosedur yang benar cara mengoperasikan forklift?

Mengidentifikasi Bahaya Forklift – Seperti dilihat dari data statistik di atas, tingkat kecelakaan forklift sangat mengerikan. Namun hal itu sebetulnya dapat diminimalkan jika kita bisa mencegah potensi timbulnya bahaya itu. Berikut ini hal yang yang perlu dipertimbangkan saat hendak menggerakkan forklift

– Kapasitas forklift. Pastikan forklift itu memang sesuai dengan beban yang ingin diangkat. Jangan sampai memaksakan diri mengangkat beban melebihi kapasitasnya. Sebab itu pasti akan membuat forklift tidak bisa berfungsi dengan aman. Lebih baik angkat barang beberapa kali, dari pada hanya sekali namun melebihi kepasitas yang seharusnya.

– Mengenali karakter barang yang diangkat. Apakah beban tersebut berat di atas, berbentuk silinder, atau yang lainnya. Dengan begitu operator forklift dapat memastikan teknik yang digunakan saat mengoperasikan forklift ini memang sesuai.

– Kondisi forklift. Perhatikan kondisi forklift dalam keadaan baik. Cek lebih dulu apakah garpu rusak atau tidak. Cek juga bagaimana kondisi mesin.

– Lihat kondisi jalan. Saat bergerak dari tempat parkir ke tempat barang yang akan diangkat, Anda harus perhatikan suasana sekitar. Anda harus lihat dengan seksama bagaimana bentuk jalan, apakah menaik, menurun, atau ada yang tidak rata. Lihat juga apakah ada orang yang lalu-lalang di sana.

Semoga Bermanfaat, Jangan lupa di Share yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat