Home / Article / CARA !!! Menentukan KONTEKS dalam Manajemen RisikošŸ”„

CARA !!! Menentukan KONTEKS dalam Manajemen RisikošŸ”„

Posted on

Cara Menentukan Konteks dalam Penerapan MANAJEMEN RISIKO

___

Dalam menerapkan manajemen risiko di bidang K3, ada beberapa tahapan atau langkah yang perlu Anda lakukan. Tahapan ini bertujuan agar proses manajemen risiko K3 di perusahaan Anda berjalan cepat, tepat dan efektif.

Menentukan Konteks
Penetapan konteks dari manajemen risiko harus dilakukan pertama kali agar proses pengelolaan risiko tidak salah arah dan tepat sasaran. Penetapan konteks memudahkan Anda mengidentifikasi dan melakukan tahapan-tahapan selanjutnya.

Penetapan konteks meliputi:

  • Konteks eksternal dan internal, menggambarkan lingkungan eksternal dan internal di mana perusahaan beroperasi dan mengupayakan sasaran yang ditetapkan.
  • Konteks manajemen risiko, perusahaan perlu menetapkan tujuan, strategi, ruang lingkup dan parameter dari aktivitas atau bagian dari perusahaan di mana proses manajemen risiko harus dilaksanakan dan ditetapkan.
  • Menentukan kriteria risiko, didapat dari kombinasi kriteria tingkat kemungkinan dan keparahan.

A. Nilai Tingkat Kemungkinan

B. Nilai Tingkat Keparahan

C. Skala Tingkatan Risiko

Penetapan konteks ini biasanya mengacu pada beberapa hal, di antaranya visi dan misi perusahaan, Rencana Jangka Panjang (RJP), Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP), dan Key Performance Indicator (KPI).

Semoga Bermanfaat, Salam Safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat