Home / Event / Seminar K3 & Motivasi Kerja Bahagia

Seminar K3 & Motivasi Kerja Bahagia

Posted on
Apr
8

Brosur Seminar K3 & Motivasi Kerja 2017Heiiiii… Para Penggiat K3 (Praktisi K3, Dosen, dan para Safety Officer)

Sudah pernah dengar RK3K (Rencana K3 Kontrak) ??? atau orang lebih Familiar dengan istilah SAFETY PLAN

SAFETY PLAN adalah Sebuah rencana keselamatan praktis yang dapat membantu perusahaan dalam menghindari potensi bahaya dan dapat mengendalikannya dengan cara yang terbaik ketika dalam kondisi berbahaya tersebut.

Safety Plan sering digunakan oleh Pengguna Jasa / Owner sebagai salah satu persyaratan dalam TENDER.

Safety Plan atau sering disebut juga sebagai HSE Plan (Health Safety Environment Plan) selain mempertimbang kondisi berbahaya bagi manusia juga mempertimbangkan terhadap kondisi faktor lingkungan, flora dan fauna yang ada disekitar proyek yang akan dikerjakan.

Dalam proyek-proyek Kementrian PU Safety Plan lebih dikenal dengan istilah RK3K (Rencana K3 Kontrak). Berdasarkan PermenPU No.05 tahun 2014, RK3K terbagi menjadi 2 yaitu RK3K Penawaran dan RK3K Pelaksanaan.

RK3K Penawaran dibuat oleh kontraktor pada saat tender dilakukan dengan 2 item khusus yang berisikan Komitmen Manajemen berupa Kebijakan K3 dan berupa perencanaan K3 secara umum yaitu Penelahaan awal, Identifikasi Bahaya (HIRARC / HIRADC), Identifikasi dan Evaluasi Peraturan K3, Sumber daya yg dimiliki baik itu Sumber Daya Manusia yang kompeten maupun Sumber Daya Perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sedangkan

RK3K Pelaksanaan dibuat oleh kontraktor pada saat dinyatakan sebagai pemenang, RK3K Pelaksanaan ini adalah kelanjutan dari RK3K Penawaran yaitu tahap Do, Check and Action. Isi RK3K Pelaksanaan secara umum yaitu berisikan uraian proses pelaksanaan K3, Pemeriksaan dan Pengujian (Inspeksi) serta Audit Internal, Tinjauan Manajemen.

RK3K adalah dokumen lengkap rencana penyelenggaraan SMK3 Konstruksi Bidang PU dan merupakan satu kesatuan dengan dokumen kontrak suatu pekerjaan konstruksi, yang dibuat oleh Penyedia Jasa dan disetujui oleh Pengguna Jasa, untuk selanjutnya dijadikan sebagai sarana interaksi antara Penyedia Jasa dengan Pengguna Jasa dalam penyelenggaraan SMK3 Konstruksi Bidang PU.

Tujuan pembuatan safety plan adalah:

  • Untuk melakukan studi dan/ atau analisis mengenai dampak tidak dipenuhinya standar dan ketentuan pengoperasian.
  • Untuk mendapatkan alternatif pemecahan masalah dalam rangka menjamin tingkat operasi
  • Untuk memperkirakan efektivitas masing-masing alternatif pemecahan masalah keselamatan sebagaimana dimaksud pada huruf b di atas.
  • Untuk membuat rekomendasi perubahan atau pembatasan prosedur operasi atau pembatasan kapasitas atau hal-hal lain terkait dengan tidak dipenuhinya standar dan ketentuan pengoperasian.
  • Mengidentifikasi target keselamatan yang harus dipenuhi untuk memastikan keselamatan operasi.

Dalam Safety Plan, standar dokumen yang dibuat adalah masalah-masalah keselamatan pengoperasian kerja yang meliputi: identifikasi hazard, penilaian resiko (risk assessment) dan langkah-langkah mitigasi dan kondisi yang harus dipenuhi untuk mempertahankan tingkat keselamatan

Sebelum membuat Safety Plan yang harus dipertimbangkan adalah :

  1. Meminta persyaratan K3LL, Kerangka acuan kerja (KAK) dan Regulasi Pemerintah yang harus dipatuhi (Dokumen AMDAL/UKL-UPL) dari pihak Owner / Pengguna Jasa. Hal ini untuk mengetahui Spesifikasi persyaratan apa saja yang diminta atau dipersyaratkan sehingga antara Safety Plan yang kita buat dengan keinginan si Owner / Pengguna Jasa dapat sejalan.
  2. Mengumpulkan salinan data-data internal perusahaan seperti Kebijakan K3, Kebijakan Khusus, Sertifikat SMK3 Perusahaan, Sertifikat Ahli K3 Perusahaan, Struktur Organisasi perusahaan dan P2K3, Dokumen SMK3 (Manual, Prosedur, IK & Formulir Kerja) dan dokumen lainnya yang menunjang  pembuatan Safety Plan.
  3. Meminta salinan BoQ (Bill off Quantity) kepada Marketing, karena didalam BoQ ini terdapat urutan pekerjaan yang dikerjakan oleh Kontraktor / Penyedia Jasa.
  4. Meminta penjelasan kepada bagian Engineering atau Project Manager terkait Metode Kerja yang akan dilakukan, termasuk penggunaan Alat Berat yang akan digunakan.
  5. Melakukan Identifikasi Bahaya dan Identifikasi Aspek Lingkungan terkait dengan proyek yang akan dikerjakan. Caranya dengan ikut serta melakukan Survey ke lapangan atau dengan melakukan metode wawancara terhadap para Surveyor atau Calon Project Manager yang akan ditempatkan di proyek tersebut.
  6. Melakukan Penilaian terhadap Risiko Bahaya dan Dampak Lingkungan dari pekerjaan yang akan dikerjakan. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui secara dini Proses pekerjaan atau lokasi pekerjaan yang akan menjadi prioritas utama dalam menyelematkan orang dan lingkungan sekitarnya melalui Pengendalian Risiko (Eliminasi, Substitusi, Rekayasa Engineering, Pengendalian Adm dan Alat Pelindung Diri)
  7. Berkomunikasi dan berkoordinasi kepada Project Manager terkait dengan jadwal aktivitas K3 (Safety Talk/Toolbox Meeting, Safety Induction, Training-training K3) Proses pemantauan K3 (Inspeksi K3 / Safety Patrol), Sistem Tanggap Darurat (Kebakaran, Gempa Bumi, Banjir, Huru hara) dan Sistem pelaporan kinerja K3 (Rapat P2K3) termasuk juga proses pengendalian Limbah proyek.

Contoh Daftar Isi dari Safety Plan  / HSE Plan sebagai kerangka acuan dalam pembuatannya : Download

Pembahasan lebih lanjut terkait hal ini, kita akan bawa Topik ini dalam sebuah Seminar K3 yang dibawakan oleh Bpk. Ir.Lazuardi Nurdin, CSP selaku Ketua Umum Asosiasi Ahli K3 Konstruksi Indoensia (A2K4) dan Tambahan berupa Motivasi Kerja oleh seorang MOTIVATOR terkenal, Penulis dan CEO dari Kautsar Manajemen.

Untuk itu, Kami Mengundang Bapak/Ibu Semua untuk hadir dalam Seminar RK3K & Motivasi Kerja

Tgl 08 April 2017 di Gedung Pusat K3 Hiperkes, Cempaka Putih Jakarta

Biaya Hanya
Rp. 80.000 u/Alumni Midiatama
Rp. 99.000 u/ Mhs
Rp. 150.000 u/ Umum

BENEFIT :
1. Dapet ilmu Membuat Rencana K3 Kontrak
2. Dapat motivasi pengembangan diri
3. Lunch & Coffee Break
4. Menjadi Agen Reseller Midiatama
5. Doorprize Voucher Ahli K3Umum dan Auditor SMK3.
6. Sertifikat dari PJK3 Resmi memiliki SKP Kemnaker RI

Daftarkan Diri Anda ke Tim Midiatama yg anda kenal :

Bara 087822855575
Imam 087875053930
Bayu 081377475503
Agung 08121973884
Ivan 082165633450
Gustman 081293916926

Isi Formulir Registrasi : Surat Konfirmasi Ke Ikutsertaan

Kirim Email ke : data.pjk3midiatama@gmail.com dg Subject : registrasi seminar

Buku Edvan Kautsar

Dapatkan Buku-buku Motivasi di atas Pada Saat Seminar berlangsung

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat