Home / Article / Fasilitas P3K Perlu gak sih di Perusahaan?? Simak pembahasannya yuk!

Fasilitas P3K Perlu gak sih di Perusahaan?? Simak pembahasannya yuk!

Posted on

SYARAT UTAMA UNTUK MENENTUKAN FASILITAS P3K

___

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di tempat kerja selanjutnya disebut dengan P3K di tempat kerja, adalah upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja/buruh dan/atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera di tempat kerja.

Syarat utama menentukan fasilitas P3K ditempat kerja antara lain adalah:

  • Tersedianya Ruang khusus P3K
  • Kotak P3K dan isi
  • Alat evakuasi dan alat transportasi
  • Fasilitas tambahan berupa alat pelindung diri dan/atau peralatan khusus di tempat kerja yang memiliki potensi bahaya yang bersifat khusus.

Namun dalam hal ini tentunya APD atau alat pelindung diri juga harus digunakan dan ini merupakan peralatan yang disesuaikan dengan potensi bahaya yang ada di tempat kerja yang digunakan dalam keadaan darurat.

Peralatan khusus lainnya dapat berupa alat untuk pembasahan tubuh (shower) dan pembilasan/pencucian mata jika memang lokasi kerja banyak menggunakan bahan B3 atau kimia cair berbahaya.

Lalu apa saja syarat bagi Pengusaha/pemilik/wakil perusahaan yang tentunya wajib menyediakan ruang P3K berdasarkan Peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi Republik indonesia No : Per.15/MEN/VIII/2008 Tentang Pertolongan pertama pada kecelakaan di tempat kerja, seperti yang dijelaskan pada poin dibawah ini:

  • Mempekerjakan pekerja/buruh 100 orang atau lebih;
  • Mempekerjakan pekerja/buruh kurang dari 100 orang dengan potensi bahaya tinggi.

Lebih jelasnya dapat anda lihat pada tabel dibawah ini :

Rasio jumlah petugas P3K di tempat kerja dengan jumlah pekerja/buruh berdasarkan klasifikasi tempat kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat