Home / Article / ⚡8 KATEGORI SEPATU SAFETY Khusus!

⚡8 KATEGORI SEPATU SAFETY Khusus!

Posted on

Terkait ASTM F2413-17, standar ini menetapkan aturan ketat mencakup desain, kinerja, pengujian, dan klasifikasi pelindung kaki. Tujuan standar ini adalah sertifikasi pelindung kaki. Sertifikasi dilakukan oleh laboratorium pihak ketiga yang independen.

Standar ini mengharuskan penggunaan label untuk mengidentifikasi perlindungan kaki terhadap bahaya listrik, tusukan, perlindungan metatarsal, dan tekanan. Semakin tinggi peringkat di setiap kategori, semakin besar tingkat perlindungan yang diberikan pada safety shoes.

Berikut kategori umum safety shoes sesuai ASTM F2413-17:

A. Conductive safety shoes (Cd) ̶ safety shoes dirancang untuk “menghantarkan” listrik statis. Sepatu ini cocok digunakan di area penyimpanan bahan mudah terbakar, mudah meledak, atau bahan kimia mudah menguap.

Catatan: Karena sepatu keselamatan konduktif dirancang menghantarkan listrik, pekerja harus menghindari menggunakan sepatu ini di lingkungan yang terdapat bahaya listrik.

B. Electrical hazard (EH) ̶ safety shoes dirancang non konduktif serta sol dan tumit sepatu yang tahan terhadap bahaya listrik, yang dapat mengurangi kemungkinan pemakainya terkena sengatan listrik dan pembakaran karena listrik.

Catatan: Safety shoes EH tidak direkomendasikan sebagai sumber perlindungan utama dari bahaya listrik di area kerja.

C. Static dissipative safety shoes (SD) ̶ safety shoes dirancang untuk mengurangi jumlah penumpukan listrik statis pada tubuh. Sepatu ini sebenarnya menghantarkan listrik statis melalui lapisan luar sepatu, insole, dan outsole.

Bahan disipatif memungkinkan muatan listrik statis mengalir ke tanah lebih lambat dengan cara yang lebih terkontrol dibandingkan bahan konduktif. Safety shoes ini memberikan perlindungan terhadap bahaya yang mungkin ada karena ketahanan pelindung kaki yang terlalu rendah serta memberikan tingkat ketahanan yang cukup tinggi untuk mengurangi kemungkinan sengatan listrik.

Pastikan lantai dan sol sepatu tetap bersih dan bebas dari debu serta benda asing lainnya untuk menjaga kontak yang baik antara sol dan lantai. Ini memungkinkan listrik statis mengalir melalui sol dan mengalir ke tanah.

D. Puncture resistant (PR) ̶ safety shoes ini dirancang untuk menahan tusukan benda tajam dengan menempatkan pelat anti-tusukan di antara insole dan outsole. Komponen anti-tusukan pada sepatu ini harus mampu meminimalkan kemungkinan cedera akibat benda tajam.

E. Slip resistant (SR) ̶ safety shoes dilengkapi sol luar anti-slip untuk meminimalkan cedera akibat terpeleset dan jatuh.

F. Metatarsal (MT) ̶ safety shoes ini memberikan perlindungan ekstra untuk bagian metatarsal kaki, mulai dari pergelangan sampai jari kaki.

G. Steel toe ̶ safety shoes ini memiliki fitur pelindung jari kaki (toe protection) berbahan baja non korosif.

H. Composite toe ̶ safety shoes berbahan ringan dan tidak akan menghantarkan panas atau listrik, digunakan untuk memberikan perlindungan jari kaki.

 

Semoga Bermanfaat, Salam Safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat