Home / Article / Pertolongan Pertama Tersedak (Choking), Kenali Pendekatan “Five-And-Five”

Pertolongan Pertama Tersedak (Choking), Kenali Pendekatan “Five-And-Five”

Posted on

Pertolongan Pertama Tersedak (Choking), Kenali Pendekatan “Five-And-Five”

___

“Tersedak makanan memang terkesan remeh, namun jika tak ditangani dengan segera bisa menjadi penyebab kematian.”

Dilansir nsc.org, sebuah riset Injury Facts 2017 menunjukkan bahwa tersedak adalah penyebab utama keempat kematian yang tidak disengaja. Pada tahun 2015, terdapat 5.051 kasus kematian akibat tersedak, 2.848 di antaranya adalah lansia berusia di atas 74.

Pada dasarnya semua orang bisa berpotensi tersedak dan menuju kondisi kritis. Hanya saja lansia memang memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih rendah ketimbang orang dewasa, sehingga kasusnya bisa lebih banyak.

Tersedak (choking) adalah tersumbatnya saluran napas secara total atau sebagian akibat makanan, cairan, atau benda asing yang tersangkut di tenggorokan atau batang tenggorokan, sehingga mengakibatkan korban sulit bernapas dan kekurangan oksigen, bahkan dapat segera menimbulkan kematian. Tersedak merupakan pembunuh tercepat, lebih cepat dibandingkan gangguan breathing dan circulation.

Pada orang dewasa, sepotong makanan sering menjadi penyebabnya. Tersedak paling sering terjadi ketika seseorang makan dengan tergesa-gesa, terutama jika mereka berbicara atau tertawa pada saat yang sama. Sementara pada anak kecil, tersedak sering terjadi karena menelan benda-benda kecil.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang tersedak, di antaranya:

  • Memakan makanan yang terlalu besar dan tidak dikunyah dengan baik
  • Makan sambil berjalan
  • Makan sambil berbicara
  • Meminum alkohol sebelum makan
  • Bermain-main dengan makanan

Dalam keadaan normal, seseorang akan mengalami refleks batuk jika terdapat benda asing yang menghalangi saluran pernapasannya. Namun, jika benda asing tersebut sudah tersangkut di tenggorokan dan menghambat jalan napas, ini yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan segera.

Dalam beberapa menit korban akan mengalami kekurangan oksigen secara menyeluruh. Tersedak membuat oksigen tidak sampai ke paru-paru dan otak. Jika otak berjalan tanpa oksigen selama 3-4 menit, korban tersedak bisa mengalami kerusakan otak hingga kematian.

Karena tersedak memotong oksigen ke otak, maka pemberian pertolongan pertama secepat mungkin sangat penting untuk menyelamatkan nyawa korban.

 

Semoga Bermanfaat, Salam Safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat