Home / Article / Tips Singkat Mempersiapkan Audit SMK3

Tips Singkat Mempersiapkan Audit SMK3

Posted on

Berikut beberapa rekomendasi dalam mempersiapkan organisasi agar sukses menghadapi audit SMK3:

  • Persiapkan seluruh pekerja dan pekerja yang terlibat dalam audit
    Lakukan sosialisasi ulang terkait kebijakan K3 dan sasaran K3, pastikan seluruh pekerja memahaminya dan terlibat dalam pencapaian sasaran tersebut. Pastikan juga seluruh pekerja telah dilatih untuk melaksanakan tugasnya dengan aman.Pastikan mereka tahu di mana menemukan prosedur, instruksi, dan formulir yang relevan untuk melakukan kegiatan atau proses tertentu. Sosialisasikan kepada pekerja terkait audit SMK3, apa saja yang akan diperiksa, dan kapan mereka akan diaudit.

                                

 

  • Periksa seluruh dokumen dan informasi yang diperlukan
    Pastikan daftar dokumen dan rekaman yang diperlukan untuk audit telah diperbarui. Periksa juga bahwa semua dokumen telah ditinjau, disetujui, dikomunikasikan dan diikuti oleh semua orang yang terlibat dalam proses atau kegiatan.

 

  • Pastikan semua proses atau kegiatan kerja dilakukan dengan benar
    Pastikan semua prosedur kerja, baik yang didokumentasikan atau tidak, sudah dipatuhi. Termasuk untuk proses kerja yang kompleks, pastikan seluruh pekerja melakukannya dengan cara yang sama dan benar sesuai prosedur.

 

  • Periksa seluruh tindakan pencegahan dan perbaikan
    Lakukan peninjauan kembali dari hasil audit sebelumnya dan pastikan rekomendasi tindakan pencegahan dan perbaikan telah dipenuhi atau dilakukan.Semua ketidaksesuaian baik mayor atau minor harus dicatat dengan baik, diselidiki, dan tindakan perbaikan sudah dilaksanakan pada saat audit. Pastikan tindakan perbaikan yang sudah dilaksanakan dan ditutup memiliki verifikasi yang tepat dalam keefektifannya.

 

  • Periksa kondisi lingkungan kerja
    Pastikan perusahaan Anda sudah memiliki tata graha yang baik (good houskeeping) dan menerapkan metode 5S di tempat kerja. Dengan penataan area kerja yang baik akan membuat area kerja jadi lebih bersih, rapi, aman, dan menyenangkan. Catatan, prosedur, dan dokumen yang relevan juga akan selalu tersedia dan berada di tempat yang mudah untuk ditemukan.

 

  • Persiapkan audit secara profesional
    Dalam menghadapi audit, pastikan perusahaan sudah memiliki struktur organisasi Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang telah disahkan oleh Dinas Tenaga Kerja setempat, seorang ahli K3 umum, manual dan prosedur SMK3, sudah melakukan audit internal dan sudah melakukan sosialisasi terhadap prosedur maupun sistem manual SMK3 yang ada.Saat pelaksanaan audit, perlakukan auditor secara profesional. Hindari mempersiapkan semua dokumen, informasi, dan lingkungan kerja yang akan diaudit secara tergesa-gesa mendekati waktu pelaksanaan audit.

*             *             *

Komitmen dan keterlibatan dari semua tingkatan manajemen sangat diperlukan demi keberhasilan penilaian penerapan SMK3. Agar perusahaan Anda lulus audit SMK3, ada satu hal yang tak kalah penting yang harus Anda persiapkan. Ikut sertakan pekerja dalam pelatihan eksternal audit untuk meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi audit SMK3.

Salam safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
error: Content is protected !!
WhatsApp chat