Sertifikasi Petugas Investigasi Insiden Kemnaker RI
Latar Belakang
Kecelakaan akan menyebabkan kerugian dan mengurangi keuntungan perusahaan, tetapi masih banyak yang belum mau melakukan tindakan penanggulangan dengan baik dan serius. Padahal kecelakaan sering terjadi di tempat kerja, bahkan terkadang kecelakaan yang sama terulang kembali untuk yang kesekian kalinya, tanpa ada upaya penanggulangan sedikitpun.
Salah satu upaya mengurangi kerugian akibat kecelakaan adalah dengan mengadakan analisa setiap kecelakaan yang terjadi dan melakukan tindakan perbaikan agar kecelakaan serupa tidak akan pernah terjadi kembali. Hasil analisa kecelakaan yang baik dan tepat serta diterapkan upaya tindak pencegahannya akan bisa meningkatkan kesadaran keselamatan bagi semua karyawan dan kerugian akibat kecelakaan pun akan berkurang.
BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja hal ini tertuang di dalam Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Pelatihan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan peserta memperoleh sertifikasi Investigasi Insiden dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi kompetensi keahlian K3 ini mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) K3 Nomor KEP.42/MEN/III/2008 dan SKKNI No. KEP.248/MEN/V/2007.
Midiatama Academy akan dapat membantu perusahaan anda dalam meningkatkan kompetensi K3 sesuai dengan SKKNI K3. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Midiatama Academy mempersiapkan personel agar mendapatkan sertifikat KOMPETENSI Petugas Investigasi Insiden yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP) serta pelatihannya dirancang berbasis kompetensi (Competency Based Training).
Investigasi kecelakaan kerja harus dilakukan oleh personel atau team investigasi yang memiliki kompetensi investigasi kecelakaan, untuk melaksanakan tugas tersebut Investigator kecelakaan kerja harus memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang prosedur investigasi kecelakaan kerja, teknik investigasi kecelakaan dan analisa akar penyebab kecelakaan kerja.
Lebih dekat dengan kami
⬇️ Simak Video Berikut ini ⬇️
Apa Saja Kompetensi Seorang Investigasi Insiden?
- Memahami perundangan-undang terkait kecelakaan kerja
- Memahami konsep dasar terjadinya kecelakaan kerja
- Memahami prinsip-prinsip penyelidikan (Investigasi) kecelakaan
- Memahami teknik dan prosedur investigasi kecelakaan
- Memahami tekni pengumpulan data dan informasi kecelakaan
- Mampu membuat perencanaan penyelidikan kecelakaan
- Mampu menyusun tim investigasi kecelakaan
- Memahami tuntutan profesionalisme pekerjaan
- Memahami standar Etik investigasi kecelakaan
- Mampu melakukan proses analisis temuan data lapangan
- Memahami hirarki pengendalian bahaya di tempat kerja
- Mampu menyusun rekomendasi dan pelaporan
- Memahami teknik komunikasi dengan media/masyarakat
Sertifikasi Investigasi Insiden Cocok Untuk Siapa Saja?
- Anggota P2K3
- Petugas K3 / HSE Officer
- Manajer dan supervisor
- Human resources managers
- Pencari kerja khususnya yang hanya memiliki Ijazah SMA
- dan lainnya yang bertanggung jawab dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat
Berikut Persyaratan Mengikuti Sertifikasi Investigasi Insiden :
- Softcopy Ijazah Minimal SMA/SMK
- Softcopy KTP
- Softcopy Pasfoto dengan background merah
- Surat Keterangan Bekerja dari Perusahaan (Jika utusan perusahaan)
- Surat Keterangan Sehat terbaru dari Dokter (Paling lambat hari ke 2 saat pelatihan)
- Mengisi Pakta Integritas dan mengesahkannya (akan diberikan oleh PJK3)
Berikut Aplikasi Pendukung Proses Sertifikasi :
- MiCCa SuperApp K3
- Teman K3
- Zoom
- Google Classroom
Apa Saja Materi Yang Akan di Pelajari?
- Mengidentifikasi bahaya dan menilai risiko K3
- Menganalisis dan mengevaluasi risiko K3
- Partisipasi dalam penyelidikan kecelakaan
- Mengembangkan analisa informasi dan data K3 dan proses pelaporan serta dokumentasi
Persyaratan Mengikuti Uji Kompetensi
- Mengisi Form Aplikasi
- Softcopy ijasah terakhir
- Softcopy Sertifikat kursus terkait K3 (bila ada)
- Softcopy KTP
- CV atau Surat Keterangan pengalaman kerja
- Surat rekomendasi dari pimpinan/atasan langsung/rekanan (bila ada)
Siapa Saja Instrukturnya?
Tim Pengajar Midiatama Academy yang berpengalaman di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja baik di dunia Industri maupun akademik khusus dalam bidang Petugas Investigasi Kecelakaan
Metode Pelatihan
Metode Pelatihan menggunakan metode yang interaktif melalui pemahaman konsep, aplikasi yang relevan, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai isi materi yang diajarkan.
Berapa Investasi Mengikuti Sertifikasi Investigasi Insiden
- Harga Terbaik :
✅ Harga Early Bird : Rp 2.500.000
✅ Harga Promo : Rp 3.500.000
- Note :
Biaya di atas belum termasuk Pajak PPN 11% dan PPh 2% (jika diperlukan)
Harga Early Bird merupakan pembayaran wajib lunas H-10 sebelum tanggal pelatihan
⬇ Berikut Fasilitas Yang Akan Kamu Dapatkan ⬇
Tak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan :
- E-Certificate Sementara dari Provider PJK3 Midiatama menggunakan Barcode telusur untuk keperluan tender
- Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Midiatama Academy yang menyatakan peserta Lulus dan menunggu sertifikat terbit dari Kemnaker RI
- Gratis Webinar + E-Certificate selama 3 bulan dengan total 12x Webinar senilai (Rp 1.800.000)
Menariknya anda juga bisa mengakses modul pelatihan Petugas Investigasi Insiden dan ribuan Modul Pelatihan lainnya, E-Regulasi K3, E-Learning berupa Video K3 semua bisa anda akses secara mudah melalui Aplikasi MiCCa SuperApp K3
Sehingga anda bisa dengan mudah terus upgrade skill melalui satu aplikasi saja, yaitu Aplikasi MiCCa SuperApp K3
Kamu Mau Mendapatkan Tambahan Diskon?
Kamu bisa mendapatkan tambahan Diskon Rp 100.000 (Seratus Ribu Rupiah) dengan memasukkan Kode Referal dibagian pemesanan, untuk Kode tersebut dapat diminta ke Sales Midiatama yang kamu Kenal.
Durasi Pelatihan dan Asesmen
Pelatihan secara mandiri melalui platform e-learning midiatama (MIDLEA) dan Asesmen kompetensi akan dilaksanakan dalam waktu 1 (satu) hari
Apa Kata Alumni Midiatama Academy?
Ribuan alumni kami telah mengikuti sertifikasi bersama kami. Berikut beberapa tanggapan mereka.
Yuk Daftar Sekarang atau Diskusi Lebih Lanjut Dengan Tim Kami!
Lihat Jadwal Pelatihan
Unduh Proposal Disini
Berikut Layanan Kami
PT. Mitra Dinamis Yang Utama (Midiatama) adalah Perusahaan Jasa K3 (PJK3) Terbaik No.1 di Indonesia yang menyediakan Pelatihan atau Training K3 dengan harga yang terjangkau dan banyak fasilitasnya. Kami sebagai tempat pelatihan atau diklat yang memberikan Sertifikat Kemnaker RI dan BNSP.
⛑️ Midiatama fokus dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja diantaranya Sertifikasi Kemnaker RI seperti :
- Ahli K3 Umum
- Ahli K3 Konstruksi (Muda & Madya)
- Ahli K3 Listrik
- Ahli K3 Muda Lingkungan Kerja
- Auditor SMK3
- Petugas P3K
- Petugas K3 Penyelamat Ruang Terbatas
- Petugas Pemadam Kebakaran (Kelas D)
- Regu Penanggulangan Kebakaran (Kelas C)
- Supervisor Perancah
- Teknisi K3 Perancah
- Teknisi K3 Listrik
- Teknisi K3 Ruang Terbatas
- Operator Overhead Crane (Kelas III)
- Operator Forklift (Kelas II)
- Hiperkes (Higiene Perusahaan Kesehatan)
- K3 Rumah Sakit
⛑️ Selain itu Midiatama juga menyediakan program sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) seperti :
- Ahli K3
- Petugas Investigasi Insiden
- Pengawas K3 Migas
- Operasi K3 Migas
- Paramedis K3 Muda
- Higiene Industri Muda (HIMU)
📍 Kantor Resmi Midiatama Academy :
🏢 Gedung Wisma Presisi Lt.1 (Ground Floor) No.1B & 4B Jl.Taman Aries RT.5 RW.2 Meruya Utara, Kembangan, Kota Jakarta Barat 11650
☎️ Telp. 021-22545432 (Jam kerja) | 021-21263820 (24 Jam) | 021-58906930
📱 Whatsapp : 0815-1304-4719 (Beni) | 0896-6919-5081 (Amanda)
📌 Kunjungi Kami : Google Maps